Berita

Previous Next

KENALKAN TUGAS DAN FUNGSI BEA CUKAI Campus Goes to Customs - Universitas Airlangga

 
Sidoarjo – Kamis (29/09/2022) Bertajuk Campus Goes To Customs (CGC), Bea Cukai Juanda perkenalkan tugas dan fungsi bea cukai dan beberapa ketentuan kepabeanan kepada Mahasiswa DIII Perpajakan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair). Kegiatan ini berlangsung secara luring di Aula Kantor Bea Cukai Juanda yang dihadiri secara antusias oleh 60 mahasiswa DIII Perpajakan beserta dosen pembimbing, Ibu Rindah Febriana Suryawati.
Pengetahuan kepabeanan dan cukai merupakan salah satu pengetahuan yang penting untuk dipahami khususnya bagi mahasiswa perpajakan mengingat kepabeanan dan cukai merupakan salah satu ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama, M. Kaharuddin Achmad menyampaikan materi terkait Ketentuan Pembawaan Barang Bawaan Penumpang. Dalam pemaparannya, Kaharuddin menyampaikan bahwa setiap penumpang dari luar negeri yang memasuki Indonesia mendapatkan fasilitas pembebasan sebesar USD 500 per orang per kedatangan dan atas kelebihannya akan dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor sebagaimana diatur dalam PMK-203/PMK.04/2017.
Ketentuan pembawaan HP dari luar negeri juga tak luput dijelaskan dan menjadi perhatian khusus. Pasalnya, pembawaan perangkat telekomunikasi dari luar negeri yang memerlukan SIM card untuk memeroleh sinyal perlu didaftarkan IMEI nya saat tiba di bandara kedatangan. Dengan penuh antusias, mahasiswa mengajukan berbagai pertanyaan kepada pemateri demi lebih memperkuat pemahaman informasi telah mereka terima. Berikutnya, acara ditutup dengan sesi field tour ke area K9 untuk melihat beberapa unit anjing pelacak yang digunakan petugas bea cukai untuk menunjang tugas dan fungsi pengawasan.
Sebagai mahasiswa yang kedepannya diupayakan sebagai ujung tombak generasi muda diharapkan dapat menjadi penyebar informasi yang baik kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan menjadi semakin paham akan kewajiban-kewajiban pembayaran pajak kapanpun dan dimanapun berada.
Previous Next

IMPLEMENTASI ANGKUTAN MULTIMODA PERLANCAR TRANSPORTASI LOGISTIK Dukungan Bea Cukai Juanda sebagai Industrial Assistance dan Trade Facilitator

 
Sidoarjo – Bea Cukai Juanda hadir dalam undangan Emirates SkyCargo Road Feeder Service Roadshow yang diselenggarakan oleh SykCargo Emirates Indonesia bertempat di Premier Place Hotel Juanda Surabaya Airport, Sidoarjo pada hari Jumat tanggal 30 September 2022.
Himawan Indarjono, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda berkesempatan memberikan sambutan mewakili Bea Cukai dalam dukungan atas implementasi pengangkutan multimoda. Implementasi ini merupakan salah satu komponen penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi secara nasional dengan cara memperlancar arus transportasi logistik. Turut hadir pula Cargo Manager Indonesia, Cargo Sales Manager Indonesia, Chief Operating Officer PT. Jasa Angkasa Semesta (JAS), dan Vice President Cargo Operation PT. JAS.
Bea Cukai Juanda berupaya dalam peningkatan kualitas layanan dengan menggandeng para stakeholders agar membuahkan inovasi-inovasi yang tepat sasaran demi mengemban tugasnya sebagai Industrial Assistance sekaligus sebagai Trade Facilitator. Optimalisasi supply chain melalui penerapan angkutan multimoda diyakini mampu mengatasi permasalahan transportasi logistik nasional. Hal ini karena menggunakan skema pengangkutan yang efisien, lebih murah dan praktis dengan memangkas biaya logistik.
Selain memberikan layanan administrasi kepabeanan dalam pengimplementasian pengangkutan multimoda, Bea Cukai Juanda juga berperan untuk melakukan pengawasan atas kegiatan pemuatan barang ke dalam sarana pengangkut, pengawasan atas pelekatan segel pengamanan serta menerbitkan berita acara pemuatan.
Semoga kehadiran Bea Cukai Juanda dengan layanan angkut lanjut multimoda dalam pelayanan di lingkungan Bandara Internasional Juanda mampu memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha dalam peningkatan perekonomian negara.
Previous Next

HARMONI SINERGI DORONG EKSPOR UMKM Pelepasan Ekspor Produk UMKM Sidoarjo

 
Berkaitan dengan peran Bea Cukai sebagai Industrial Assistance, Bea Cukai terus berupaya memberikan asistensi dan dukungan teknis terkait kegiatan ekspor khususnya untuk UMKM. Dalam melanjutkan kinerja baik tersebut, Bea Cukai Juanda menjalin sinergi dengan Bea Cukai Sidoarjo yang hadir sebagai fasilitator dalam rantai kegiatan logistik dengan menyelenggarakan acara Pelepasan Ekspor UMKM ke Negara Singapura yang berasal dari 8 UMKM binaan diwakili oleh pioneer UMKM Kabupaten Sidoarjo yakni Bapak Jalian Setiarsa (Pak Arso) dari CV Bolu Ketan Mendut.
Acara pelepasan ekspor UMKM ini berlangsung di halaman depan Kantor Bea Cukai Sidoarjo pada Jumat, 23 September 2022 dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Sidoarjo diwakili oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Gatot Kuncoro. Kegiatan ini merupakan buah manis dari sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak diantaranya Bea Cukai Sidoarjo untuk memberikan asistensi terkait ekspor, Bea Cukai Juanda sebagai kantor yang melayani kegiatan ekspor, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo yang memberikan pelatihan dan keterampilan produk, serta perwakilan DHL Express Indonesia sebagai salah satu kurir yang diundang untuk mengikuti simbolisme pelaksanaan pelepasan ekspor.
“Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada kami, baik kepada Bea Cukai Sidoarjo maupun bea Cukai Juanda terkait ketentuan layanan ekspor. Tanamkan mindset bahwa Ekspor itu Mudah sehingga ada target minimal 1 bulan 1 kali ekspor”, papar Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Himawan Indarjono.
Antusiasme peserta sungguh terlihat dari gema jargon “Go! UMKM. From Local To Global” yang dikampanyekan oleh Kantor Bea Cukai Sidoarjo dan slogan “Ekspor itu Mudah” besutan Kantor Bea Cukai Juanda yang diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh pelaku UMKM dan juga tamu undangan yang hadir, tak terkecuali oleh perwakilan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Sidoarjo.

Jalan Raya Bandara Juanda KM. 3-4 Sidoarjo. Jawa Timur 61253. Indonesia

Link - link

The way you treat your job, is the way you treat your country.

”Lakukan pekerjaanmu dengan kebanggaan, loyalitas kerendahan hati dan ambisi untuk menjadi lebih baik lagi. Karena setiap prestasi yang kita raih, berarti meningkatkan harapan masyarakat untuk lebih maju lagi"

 - Sri Mulyani -