Previous Next

KONSOLIDASI BC JUANDA - PT JAS JELANG IMPLEMENTASI e CD NASIONAL

 
Sinergi Pelayanan Prima
Sidoarjo - Perubahan merupakan suatu keniscayaan, demikian pula dengan perkembangan teknologi yang mesti terus dimanfaatkan demi terselenggaranya layanan prima bagi seluruh stakeholder. Selasa, (18/10/22) Bea Cukai Juanda melakukan konsolidasi dengan PT Jasa Angkasa semesta (PT JAS) selaku ground handling di Bandara International Juanda. Konsolidasi kali ini dilaksanakan menyusul kebijakan baru DJBC yang tengah mengimplementasikan pemberitahuan impor barang bawaan penumpang melalui customs declaration secara elektronik (e CD) dalam lingkup nasional, khususnya di lingkungan Bandara Internasional Juanda.
Saat ini, tengah diakselerasi penerapan e CD nasional di seluruh bandara Internasional di Indonesia. Usai Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta dan Bandara Internasional Ngurai Rai Bali yang telah lebih dulu mengimplementasikan e CD secara penuh, kini giliran Bandara Internasional Juanda Surabaya memasuki masa piloting implementasi e CD. Hal ini akan dimulai per 24 Oktober 2022 mendatang. Melalui pertemuan hari ini, Bea Cukai Juanda mengkoordinasikan berbagai hal yang perlu disiapkan oleh pengusaha ground handling dan maskapai guna memperlancar pengimplementasian e CD. Isti Mawarni, Manager Terminal PT JAS menyampaikan apresiasi atas upaya peningkatan layanan yang dilakukan DJBC, "Peluncuran e CD nasional ini sangat bagus dan semoga dapat mempercepat layanan di Customs area", ungkapnya.
Transformasi layanan customs declaration manual menjadi elektronik ini merupakan komitmen DJBC untuk mendukung upaya pemerintah dalam pengelolaan data guna menunjang fungsi pengawasan lalu lintas penumpang serta sebagai wujud dukungan terhadap penerapan layanan publik yang ramah lingkungan
Diharapkan pertemuan hari ini semakin mematangkan kesiapan Bea Cukai Juanda bersama seluruh stakeholder untuk merealisasikan e CD nasional agar seluruh Bandara Internasional di Indonesia dapat segera menerapkan e CD demi menghadirkan kemudahan bagi penumpang yang akan datang dari luar negeri.