Previous Next

MAKIN PAHAM EKSPOR LEWAT JUANDA CUSTOMS CLASS

 
JCC Jilid 10
Halo Sob, mana nih suara Sobat Juanda yang sudah punya produk siap ekspor?
Ngomogin barang ekspor, Kamis 20 Oktober 2022 Bea Cukai Juanda hadir dengan program rutin bulanannya “Juanda Customs Class”. Pada bulan ini JCC telah memasuki jilid yang ke sepuluh dan berhasil mengajak masyarakat luas untuk semakin memahami beragam ketentuan kepabeanan.
Dibawakan oleh moderator yang komunikatif, Brilliandika, JCC bulan Oktober mengundang dua narasumber berkompeten yang telah lama menggeluti dunia kepabeanan di bidang ekspor dan sistem informasi Bea Cukai. Mengawali pembelajaran, Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama, Anton Tarmuji menjelaskan pengertian ekspor. Dalam UU Nomor 17 tahun 2006 Tentang Kepabeanan, ekspor didefinisikan sebagai kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean, sedangkan eksportir didefinisikan sebagai orang perseorangan atau lembaga atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum, yang melakukan ekspor. “Barang yang telah dimuat di sarana pengangkut untuk dikeluarkan dari Indonesia dianggap telah diekspor dan diperlakukan sebagai barang ekspor”, jelas Anton. Hal tersebut dikarenakan tidak mungkin menempatkan pejabat Bea dan Cukai di sepanjang garis perbatasan untuk memberikan pelayanan dan melakukan pengawasan barang ekspor.
Pada sesi berikutnya Andra Dwi, pelaksana Seksi PDAD hadir menyampaikan tatacara penyampaian dokumen pemberitahuan ekspor. Pemberitahuan atas ekspor suatu barang wajib dilakukan dengan menggunakan PEB BC 3.0. Dikecualikan dalam hal barang ekspor adalah barang pribadi penumpang, barang awak sarana pengangkut, barang pelintas batas dan barang kiriman melalui pos dengan berat tidak melebihi 100 (seratus ) kilogram. PEB BC 3.0 dapat diajukan paling cepat 7 (tujuh) hari kerja sebelum tanggal perkiraan ekspor atau paling lambat sebelum masuk kawasan pabean, dikecualikan untuk barang curah dan kendaraan Completely Bulit Up (CBU) dapat diajukan paling lambat sebelum keberangkatan sarana pengangkut.
Tak hanya itu, beragam bahasan seputar ekspor pun turut dikupas oleh narasumber, diantarnaya adalah konsolidasi barang ekspor, pemeriksaan ekspor, Pembetulan dan pembatalan PEB, hingga ekspor komoditas wajib bea masuk. Kegiatan berjalan lancar dan penuh antusias peserta.
Nantikan Kelas-kelas berikutnya dan sampai jumpa. Jangan lupa Like, Share dan Tag teman2 kalian di kolom komentar ya.
“JCC - Know More!”